Mengenal FTP Server : pengertian dan prinsip kerja

FTP Server


1. Pengertian.

           FTP Server (File Transfer Protocol) adalah salah satu protokol yanga paling tua yang ada dan masih tetap digunakan hingga sekarang. FTP Server berfungsi sebagai tukar menukar file dalam suatu network yang menggunakan koneksi TCP bukan UDP. Proses kerja FTP dalam melakukan komunikasi data berjalan pada port 21 dan menggunakan protokol TCP (Transmission Control Protocol). Arsitektur Topologi Jaringan yang digunakan FTP Server adalah Cleint-Server. FTP Server menjalankan software untuk memberikan layanan tukar menukar file, server tersebut memberikan layanan permintaan (request) dari FTP Client.
           Ada beberapa metode yang diterapkan dalam pembuatan FTP Server, yaitu ; User Authentication Login dan Anonymous Login.
User Authentication Login adalah metode dimana seseorang ingin mengakses sebuah FTP Server harus memiliki username dan password, dengan metode ini seorang user yang tidak memiliki username dan password tidak bisa mengakses FTP Server.
Sedangkan Anonymous Login adalah metode yang memungkin seseorang dapat mengakses FTP Server secara anonim tanpa harus memiliki username dan password. Adapun tujuan dari FTP Server adalah untuk sharing data, sebagai tempat penyimpanan bagi user, dan menyediakan transfer data yang reliable & efisien.


2. Prinsip Kerja FTP.

            FTP menggunakan protokol TCP (Tansmission Control Protocol ) untuk berkomunikasi data dengan client dan server, sehingga diantara kedua komponen tersebut akan dibuat sesi komunikasi sebelum pengiriman data. Sebelum membuat koneksi, pada port 21 TCP yang berada pada  sisi server akan mendengarkan percobaan koneksi dari FTP Client, selanjutnya akan digunakan sebagai control port untuk membuat sebuah koneksi antara client dan server, agar mengizinkan client untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan mengendalikan respons server ke perinteh tersebut.
            Pada saat kontrol koneksi telah selesai dibuat, maka server akan membuka port 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan cliaent untuk mengirim data aktual yang sedang dipertukarakan saat melakukan pengunggahan (upload), dan penguduhan (download).
            FTP hanya menggunakan metode Autentikasi standar, yaitu menggunakan username dan password dalam bentuk non-enkripsi. User yang sudah terdaftar dengan username dan password nya untuk mengakses, mendowload, dan mengupload. Secara umum user tersebut memiliki akses penuh terhadap bebrapa directory sehingga mampu membuka file, membuat directory, dan menghapus file/directory. Untuk user yang belum terdaftar meskipun dapat menggunakan metode Anonymous Login dengan menggunakan username anonymous dan password yang disi dengan alamat e-mail, akeses yang didapat akan berbeda dengan user yang telah terdaftar.
  • Cara Kerja FTP secara global, yaitu :
Dalam menjalankan fungsi FTP, Instalasi Transfer FTP antara server dan komputer client melalui port 21 pada komputer server. koneksi port 21 disebut dengan koneksi kontrol dari setiap sesi FTP. Transfer data diaktifkan oleh koneksi port 20 yang berhubungan dengan server.
  • Cara Kerja FTP secara OSI, yaitu :
FTP berkeja dengan cara yang sama yaitu dengan HTTP untuk mentransfer halaman web dari server ke pengguna browser.Protokol yang digunakan adalah TCP/IP untuk memungkinkan mentransfer data.

0 Response to "Mengenal FTP Server : pengertian dan prinsip kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel